Monday, April 3, 2017

Furniture Gaya Minimalis


Mungkin kita sering mendengar istilah furniture minimalis, apakah kita mengetahui apa arti sebenarnya dari kata furniture minimalis tersebut, apakah kita mengetahui standar apa yang dijadikan agar sebuh furniture dikatakan minimalis? Ulasan kali ini akan membahas tema tentang hal tersebut, sehingga bisa dijadikan acuan dalam membeli perabotan yang sesuai untuk kebutuhan anda.

Kata minimalsi itu sendiri berasal dari kata minimal yang dapat diartikan titik terendah, titik terendah yang dimaksudkan disini adalah seperlunya saja bukan seadanya saja. Sebuah benda dikatakan minimalis bila bendatersebut memenuhi kriteria mencukupi keperluan yang diharapkan dari benda tersebut. Jika benda itu adalah furniture maka furniture minilais adalah furniture yang memenuhi kriteria fungsi-fungsi dasarnya saja. Misalnya kursi minimalis dapat diartikan sebuah kursi yang simpel dan dapat diduduki dengan baik. Begitu juga dengan lemari minimalis lemari yang sederhana dan dapat menyimpan kain atau benda sesuai dengan tujuan lemari tersebut.

Jadi standar sebuah furniture yang dikatakan minimalis tersebut adalah furniture yang hanya memiliki fungsi dasarnya saja atau tidak memiliki fungsi-fungsi ganda. Kalaulah itu meja maka meja makan tersebut hanya dapat digunakan untuk meletakkkan makanan saja. Begitu juga daengan furniture lainnya.

Akan berbeda jika kita berbicara tentang gaya minimalis, sebuah kursi yang bergaya minimalis bukan berarti kursi tersebut hanya memiliki fungsi tempat duduk saja, tapi dapat juga digunakan untuk yang lainnya sebab yang namanya gaya adalah bentu, jadi bentuknya saja yang minimalis sedangkan fungsi yang dimilikinya adalah kompleks.

Furniture gaya minimalis ini belakangan menjadi sangat trend terutama bagi orang-orang yang menginginkan pencitraan kesederhanaan hidup, akibatnya banyak sekali toko yang mengklaim mereka menjual furniture-furniture minimalis dengan harga yang komleks (wah). Seharusnya semakin minimalis sebuah furniture maka harganya juga semakin minimalis juga, namun dalam kenyataannya tidak demikian, kenapa ya? Itu karena peminat perabotan minimalis ini bukanlah dari kalangan ekonomi menengah kebawah, tapi peminat furniture minimalis ini adalah kalangan menengah keatas sebagai tuntutan selera mereka dalam desain kompleks sebuah rumah. Jadi yang dibutugkan oleh kalangan mengah keatas ini bukanlah fungsi dari furniture minimalis tersebut melainkan mereka sebanarnya hanya membutuhkan gaya minimalis.

Bagaimana menyesuaikan gaya minimalis ini ke dalam sebuah rumah? Untuk hal ini maka dibutuhkan juga sebuah rumah dimana exterior dan interiornya bergaya minimalis. Jika gaya dari sebuah rumah yang modern dan techno diisi dengan perabotan atau furniture minimalis maka ketidak sesuaian pasti akan terlihat jelas dari kondisi rumah tersebut. Jadi dalam kesesuaian juag bisa tercipta gaya minimalis ini. Secara estetiaka warna maka furniture minimalis sudah pasti berwarna alami, jika furnitue tersebut dari kayu maka warna tidak akan berubah dari wwarna kayu menjadi chrome. Estetika warna ini perlu diperhatikan dalam memilih furniture minimalis, jika kusri kayu sudah berubah warnanya menjadi warna silver, gold atau merah menyala, maka kesan minimalis pasti akan hilang dari furniture tersebut. Untuk hal ini sebaiknya sangat diperhatikan ketika membeli furniture minimalis. Jangan terlalu percaya kepada mulut manis penjual furniture dimana mereka bisa saja mengatakan bahwa furniture tersebut adalah furniture minimlis terbuat asli dari kayu jati namun diberi cat warna hijau mengkilat, sudah pasti kursi kayu itu tidak bisa lagi mendapatkan istilah gaya kursi minimalis tersebut.

contoh furniture minimalis pada rumah sederhana

Jadi inti dari minimalis itu adalah, sederhana, fungsinya cukup, tetap alami dalam warna. Tiga hal ini saj aterpenuhi maka sebuah perabot atau furniture atau mebel dapat dikatakan furniture minimalis. Selamat berburu furniture minimalis dikota anda...


0 comments