Monday, July 8, 2013

Meja makan


Banyak keluarga Indonesia yang belum memiliki meja makan, dan sebanyak itu jugalah yang mengimpikan memiliki meja makan di rumahnya. Sebenarnya keberadaan meja makan di sebuah rumah tergantung pada kebiasaan atau budaya setempat, contohnya di daerah Tanah Karo, disana kebiasaan masyarakantnya ketika makan adalah makan bersama-sama di tikar begitu juga dengan beberapa Suku Batak yang ada di Sumatera Utara, sehingga keberadaan sebuah meja makan di dalam sebuh rumah tidak begitu penting.

Tapi di zaman modern ini meja makan telah menjadi furniture utama yang harus dimiliki setiap rumah setelah sofa (kursi tamu). Walaupun terkadang meja makan tersebut fungsinya bukan untuk tempat makan tapi hanya untuk tempat tudung saji beserta makanan. Meja makan bukanlah furniture lux (barang lux), sebab harga meja makan bisa disesuaikan dengan kemampuan si pemilik rumah, jika ingin meja makan yang harganya ratusan ribu bisa dipesan ke pengrajin mebel/ perabot, dengan kualitas yang sesuai dengan harga tersebut.

Alternatif untuk mendapatkan meja makan berkualitas adalah sengan membeli meja makan bekas, biasanya harganya jauh lebih murah dari harga meja makan baru. Tapi jarang sekali orang yang berkeinginan untuk membeli meja makan bekas. Meja makan tempahan bisa juga diturunkan harganya jika bahan pembuat meja tersebut disediakan si pemesan, jadi pemesan (pembeli) hanya membayar upah pembuatan meja makan tersebut.

Satu set meja makan saat ini bisa didapatkan denganharga 300 ribu, dengan rincian 1 buah meja makan dari kayu tanpa alas kaca dan 4 buah kursi plastik. Semakin besar ukuran meja sudah pasti harganya juga akan semakin mahal, ukuran meja makan biasa ditentukan dengan jumlah kursi, semisal meja makan 4 kursi, 6 kursi, 8 kursi dan seterusnya. Jenis meja makan yang populer ada dua jenis yakni meja makan bulat dan meja makan persegi. Harga kedua jenis meja makan ini bergantung pada ukuran dan jenis bahan yang digunakan, bahan meja makan termurah adalah dari serbuk kayu (bubur kayu) dan yang termahal adalah meja makan dari kayu cendana dan kayu jati.

Untuk menguragi harga meja makan pesanan yang terbuat dari kayu bisa dengan mengganti kaki meja menjadi besi kosong, atau mengganti ketebalan penampang meja yang dipesan, semakin tipis penampang meja maka harga akan semakin murah. Mengenai kekuatan meja walaupun menggunakan kayu jepara yang tipis tetap saja bisa ditingkatkan dengan menambahkan rangka besi dibawah penampang meja, tampilan meja makan tersebut tetap akan terlihat mewah dan berkelas. Contoh desain meja makan bundar bisa anda lihat di sini, dan meja makan persegi di sini.


0 comments