Tuesday, September 24, 2013

Perabotan Rumah Tangga Dari Plastik Lebih Murah


Perabotan rumah tangga dari plastik mungkin tidak disukai sebahagian orang, sebab furniture plastik kesannya kurang elegan. Tapi jika kita berbicara soal harga, hemmm sudah pasti furniture plastik jauh lebih murah bila dibandingkan dengan perabot dari kayu. Hal ini karena bahan dasar plastik lebih murah daripada harga kayu apalagi kayu solid (jepara). Jika dilihat dari bentuknya, perabot dari pelasitik juga jauh lebih banyak model daripada furniture dari kayu maupun logam, hal ini karena pelastik bisa mudah didesain dalam berbagai bentuk.

perabot rumah tangga dari plastik

Walaupun perabot rumah tangga dari pelastik lebih murah sebaiknya jangan sembarangan dalam memilih jenis furniture dari plastik ini terutama untuk keperluan perlengkapan bayi sebaiknya hindari perabot bayi yang terbuat daripelastik. Furniture dari plastik dapat digunakan untuk:

  • Keperluan cuci mencuci, seperti ember, Waskom, gayung dan lain-lain yang ada di kamar mandi. Sebab secara umum perabot kamar mandi akan tetap disterilkan oleh sabun. Selain itu perabot untuk keperluan mencuci lebih sering terkena air dingin, pelastik akan sangat aman bila dipakai dalam suhu yang dingin dan dapat membahayakan bila dipakai pada suhu yang hangat hingga panas.
  • Perabot wadah pengisi kulkas (lemari es), pelastik juga aman digunakan untuk wadah sayuran, buah, es batu, air dingin, wadah daging yang ditempatkan dalam kulkas. Ini juga berkaitan dengan masalah suhu.
  • Tempat sampah juga sangat cocok terbuat dari plastik


Perabot berbahan plastik yang perlu dihindari:

  • Perabot perlengkapan dapur dan meja makan (piring, mangkuk, cangkir, gelas, spatula, sendok dan lain-lain), pelastik sangat rentan terhadap suhu hangat apalagi panas. Pelastik dapat melepaskan unsur bila terkena suhu panas seperti air panas, kuah masakan dan lain-lain. Jadi demi keamanan dan kesehatan sebaiknya hidari perabot / furniture dapur yang terbuat dari pelastik.
  • Meja belajar anak, meja kerja, meja ruang tamu, dan lainnya juga sebaiknya jangan terbuat dari pelastik. Terutama untuk meja belajar anak, sebab anak memiliki kebiasaan tidur di meja. Untuk meja sebaiknya terbuat dari kayu itu akan lebih aman.


Jika kita amemang sangat hobi dalam mengumpulkan perabotan atau furniture dari pelastik sebaiknya pilih perabot dari pelastik yang sudah distandarisasi dengan SNI atau ISO. Adapun beberapa jenis pelastik yang relative aman digunakan untuk membuat kemasan makanan atau perabot rumah tangga adalah; polietilen ( atau biasa ditulis dengan symbol HDPE dan LDPE), polietilen tereftalat (biasa disingkat dengan PET), dan polipropilen atau PP. Ketiga jenis pelastik tersebut cukup aman digunakan untuk perabot rumah tangga.